3 TOKOH BESAR PENDIDIK INDONESIA
1.
KI HAJAR
DEWANTARA.
Beliau
lahir pada tanggal 12 mei 1883 dan hari kelahirannya di jadikan hari pendidikan
nasional, beliau merupakan keluarga bangsawan atau keluarga kraton, dan nama
kecilnya suwardi, krna ortunya orang ningrat maka menjadi suwardi wijaya
ningrat
Dari
sejak kecil dia telah menunjukan prilaku yang berbeda. Sejak kecil dia ingin
berkomunitas dan sejak kanak” dia selalu ingin berbaur dengan masyarakat,
sifat” demokratis’a sudah muncul dari kecil. Dan ia sekolah di sekolah
kerajaan, di karenakan kerajaan memiliki sekolah yang khusus bagi anak” raja.
Pendidikan pada masa belanda di namakan HIS (holand indise school). dengan
bahasa belanda dan dari kalangan orang” belanda dan para anak” kraton.
Dan pada
masa itu untuk mencapai sekolah tingkat pertama di namakan MILO (MUOLE POOR
LOUR). Dan AMS (AMTENON MEDUL SHOT).
Untuk tingkat menengah. Nah ini untuk tingkat kraton, dan bagaimana
untuk orang” Indonesia pada zaman itu. Dan bagaiman dengan anak
para pejabat..? dan anak” masyarakat biasa tidak mendapat pendidikan sama
sekali. Pada tahun 30an orang belanda kok kebangetan kita sebagai bangsa yang
maju dengan mengisap hasil Indonesia tampa melihat dan memandang pendidikan dan
kecerdasan bangsa. Dari phise politik belanda maka muncullah 3 sesuatu yaitu;
1.
EDUKASI.
Pendidikan dasar yang pertama
adlah sekolah rakyat, tetapi mayoritas atau di batasi oleh anak” para pejabat
dan disanan mereka berada selam 3 tahun, mereka belajar menulis dan menghitung
dan disana mendapat tenaga pendidik yang
murah.
2. IRIGASI.
Maka belanda memberikan saluran”
air yang bagus karna ethis politik terhadap Indonesia.
3. TRANSMIGRASI.
Di sebabkan karna jumlah
penduduk yang pada terutama di jawa, maka masyarakat dipindahkan sehingga sampi
pada saat ini. Sehingga sangat di perlukan antisipasi keluarga berencana.itulah
prinsip pendidikan, dan pada intinya tidak ada anak yang boleh belajar pada
usia 7 tahun, dan di bukalah sekolah masyarakat maka di setiap desa dan daerah
harus mendirikan sekolah swasta. Ini semua di rintis oleh tokoh Indonesia yakni
ki hajar dewantara.
---KELUARGA---
Konsep”
pendidikannya sangat di pengaruhi masa kanak”nya yang sangat demokratik, dan
lencananya sebagai anak kraton tidak di pikirkan dan disanalah dia memikirkan
konsep” pendidikan dan dan 4 macam konsep pendidikan .
Dan
pendidikan harus berdasarkan 1. demokarsi bahwa
pendidikan itu untuk siapapun tampa memikirkan ras,suku, dan agama. Dan
pendidikan untuk siapa saja. Kaya dan miskin sama saja dan tampa terkecuali
bahwa pendidikan untuk siapa saja.yang di angkat didalam undang” dasartentang
penddikan, walaupun kemunculannya yang mendirikan organisasi dengan nama taman
siswa, dan taman siswa muhammadiyah pada tahun 1918. Dan di dalam pendidikan
indonesai beliau di bawah kh ahmad dahlan akan konsep” di pendidikan. Dan dia
mendirikan sekolah” pada tingkat sekolah dasar, dia memberikan nama TK di sebut
dengan taman indria, dan SD taman siswa, SMP taman mody dan PENDIDKAN TINGGI pt
taman siswa. Dan ide” besarnya tidak laku di mastyarakat,
Pada zaman belanda, 2. system pendidikan menekan
pada budaya. Mungkin karna factor itulah budaya berbeda”.mka pendidikan
ini tidak relevan, 3.taman siswa adalah non ko-opratif.
Kenapa koopratif yakni konsep” penjajahan yang belum tentu di terima
masyarakat.dan pendidikan muhammadiyah banyak yang bersal dari belanda.4. system pendidkan yang beroreantasi dengan kemerdekaan. Beliau
sangat tidak suka dengan belanda dan sangat menjauhkan pendidikan dengan
belanda berbeda dengan kh ahmad dahlan.
----KI HAJAR DEWANTARA PADA
ZAMAN PENAJAHAN JEPANG.
Memang penjajahan jepang di Indonesia memang
singkat hanya 3,5 tahun, dan bagi Indonesia banyak makna.
1.
Membuat Indonesia sadar,
bahwa bangsa timor raya asia juga hebat, dan jepang bisa mengalahkan belanda.
Kesadaran Indonesia muncul, potensi terhadap bangsa,bahwa asia sebagai bangsa
termasuk Indonesia berhak untuk merdeka,dan semangat belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar