Senin, 23 Maret 2015

3 tokoh besar pendidik indonesia 1.ki hajar dewantara (catatan kecilku semester 2)





3 TOKOH BESAR PENDIDIK INDONESIA
1.     KI HAJAR DEWANTARA.
Beliau lahir pada tanggal 12 mei 1883 dan hari kelahirannya di jadikan hari pendidikan nasional, beliau merupakan keluarga bangsawan atau keluarga kraton, dan nama kecilnya suwardi, krna ortunya orang ningrat maka menjadi suwardi wijaya ningrat
Dari sejak kecil dia telah menunjukan prilaku yang berbeda. Sejak kecil dia ingin berkomunitas dan sejak kanak” dia selalu ingin berbaur dengan masyarakat, sifat” demokratis’a sudah muncul dari kecil. Dan ia sekolah di sekolah kerajaan, di karenakan kerajaan memiliki sekolah yang khusus bagi anak” raja. Pendidikan pada masa belanda di namakan HIS (holand indise school). dengan bahasa belanda dan dari kalangan orang” belanda dan para anak” kraton.


Dan pada masa itu untuk mencapai sekolah tingkat pertama di namakan MILO (MUOLE POOR LOUR). Dan AMS (AMTENON MEDUL SHOT).  Untuk tingkat menengah. Nah ini untuk tingkat kraton, dan bagaimana untuk orang” Indonesia pada zaman itu. Dan bagaiman dengan anak para pejabat..? dan anak” masyarakat biasa tidak mendapat pendidikan sama sekali. Pada tahun 30an orang belanda kok kebangetan kita sebagai bangsa yang maju dengan mengisap hasil Indonesia tampa melihat dan memandang pendidikan dan kecerdasan bangsa. Dari phise politik belanda maka muncullah 3 sesuatu yaitu;
1.    EDUKASI.
Pendidikan dasar yang pertama adlah sekolah rakyat, tetapi mayoritas atau di batasi oleh anak” para pejabat dan disanan mereka berada selam 3 tahun, mereka belajar menulis dan menghitung dan disana mendapat tenaga pendidik yang murah.
2.  IRIGASI.
Maka belanda memberikan saluran” air yang bagus karna ethis politik terhadap Indonesia.
3.  TRANSMIGRASI.
Di sebabkan karna jumlah penduduk yang pada terutama di jawa, maka masyarakat dipindahkan sehingga sampi pada saat ini. Sehingga sangat di perlukan antisipasi keluarga berencana.itulah prinsip pendidikan, dan pada intinya tidak ada anak yang boleh belajar pada usia 7 tahun, dan di bukalah sekolah masyarakat maka di setiap desa dan daerah harus mendirikan sekolah swasta. Ini semua di rintis oleh tokoh Indonesia yakni ki hajar dewantara.

---KELUARGA---
   Konsep” pendidikannya sangat di pengaruhi masa kanak”nya yang sangat demokratik, dan lencananya sebagai anak kraton tidak di pikirkan dan disanalah dia memikirkan konsep” pendidikan dan dan 4 macam konsep pendidikan .
         Dan pendidikan harus berdasarkan 1.  demokarsi bahwa pendidikan itu untuk siapapun tampa memikirkan ras,suku, dan agama. Dan pendidikan untuk siapa saja. Kaya dan miskin sama saja dan tampa terkecuali bahwa pendidikan untuk siapa saja.yang di angkat didalam undang” dasartentang penddikan, walaupun kemunculannya yang mendirikan organisasi dengan nama taman siswa, dan taman siswa muhammadiyah pada tahun 1918. Dan di dalam pendidikan indonesai beliau di bawah kh ahmad dahlan akan konsep” di pendidikan. Dan dia mendirikan sekolah” pada tingkat sekolah dasar, dia memberikan nama TK di sebut dengan taman indria, dan SD taman siswa, SMP taman mody dan PENDIDKAN TINGGI pt taman siswa. Dan ide” besarnya tidak laku di mastyarakat,
         Pada zaman belanda, 2. system pendidikan menekan pada budaya. Mungkin karna factor itulah budaya berbeda”.mka pendidikan ini tidak relevan, 3.taman siswa adalah non ko-opratif. Kenapa koopratif yakni konsep” penjajahan yang belum tentu di terima masyarakat.dan pendidikan muhammadiyah banyak yang bersal dari belanda.4. system pendidkan yang beroreantasi dengan kemerdekaan. Beliau sangat tidak suka dengan belanda dan sangat menjauhkan pendidikan dengan belanda berbeda dengan kh ahmad dahlan.
----KI HAJAR DEWANTARA PADA ZAMAN PENAJAHAN JEPANG.
   Memang penjajahan jepang di Indonesia memang singkat hanya 3,5 tahun, dan bagi Indonesia banyak makna.

1.    Membuat Indonesia sadar, bahwa bangsa timor raya asia juga hebat, dan jepang bisa mengalahkan belanda. Kesadaran Indonesia muncul, potensi terhadap bangsa,bahwa asia sebagai bangsa termasuk Indonesia berhak untuk merdeka,dan semangat belajar.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar